Jaga kesehatanmu, karena ia yang akan mewadahi umur panjangmu." - Ali bin Abi Talibt

RPP SMA/SMK/MA REVISI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMKN 1 Gandapura
Mata Pelajaran       : PJOK
Komp. Keahlian     :Semua Prodi
Kelas/Semester      : X/I
Tahun Pelajaran    : 2017/2018
AlokasiWaktu         : 4X45

A.  Kompetensi Inti
3.    Memahami,menerapkan,menganalisis,danmengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasionaldasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajianPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakantugasspesifikdenganmenggunakanalat, informasi, danprosedurkerja yang lazimdilakukan serta memecahkanmasalahsesuaidenganbidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkankinerjadibawahbimbingandenganmutudankuantitas yang terukursesuaidenganstandarkompetensikerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, danmenyajisecaraefektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,dansolutifdalamranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolah, sertamampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

B.  KompetensiDasar
3.6    Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.6    Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik

C.  IndikatorPencapaianKompetensi
Pengetahuan
1.   Menjelaskan gerakan dasar senamlantai
    2. Mengklasifikasi gerakan dasar senam lantai.
Ketrampilan
1.  Mempraktikkan gerakan dasar senam lantai
  1. Mempraktikkan gerakan dasar senam lantaigulingdepan
  2. Mempraktikkan gerakan dasar senam lantai gulingbelakang

D.  TujuanPembelajaran
Pengetahuan
1.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
a.    Menjelaskan gerakan dasar senam lantai guling depan dan guling belakang dengan baik dan benar serta kreatif
b.    Mengklasifikasikan gerakan dasar senam lantai guling depan dan guling belakang dengan bertanggung jawab
Ketrampilan
2.   Setelahmengamati salah satu siswa mendemontrasikan gerakan dasar senam lantai guling depan dan guling belakangpesertadidikakandapat:
a.    Mempraktikkan dasar senam lantai gulingdepandengan baik dan benar serta kerja  keras
b.    Mempraktikkan dasar senam lantai guling belakang dengan baik dan benar serta bertanggung jawab

E.  MateriPembelajaran

Senam lantai

F.  Pendekatan, Model danMetode
a.    Pendekatan      : Saintifik Learning
b.    Model               : Discovery Learning
c.    Metode             : Diskusi, Tanya Jawab, PenugasandanPraktek, demonstrasi

G. KegiatanPembelajaran
1.   PertemuanKesatu:*)
a.   Pendahuluan/KegiatanAwal (10 menit)
            Dalamkegiatanpendahuluan, guru:

1)  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2)  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang kan dipelajari dan dikembangkan;
3)  Menyampaikankompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5)  Menyampaikanlingkupdanteknikpenilaian yang akandigunakan.


b.   KegiatanInti (70 menit)
1)  Pemberian stimulus terhadappesertadidik

Ø Peserta didik melihat berbagai gerakan teknik dasar permainan tenis meja dalam tayangan.

Ø Peserta didik membaca buku untuk meng identifikasi berbagai jenis teknik dasar dalam permainan tenis meja

Ø Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.

Ø Peserta didik membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis gerakan dasar senamlantai Peserta didik melihat berbagai jenis jenis teknik dasar permainan sepak bola pada tayangan.

Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai jenis gerakan dasar senam  
   lantai

Ø Peserta didik mengidentifikasijenis-jenis gerakan dasar senam lantai 
   melaluihasil diskusi dan informasi dari buku.

Ø Peserta didik menentukan gerakan dasar senam lantai meja yang 
    sesuai dan tidak sesuai dengan informasi dari buku atau sumber 
    internet.


2)  Identifikasimasalah
Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai jenis gerakan dasar senam 
    lantai

Ø Peserta didik mengidentifikasijenis-jenis gerakan dasar senam lantai
   melalui hasil diskusi dan informasi dari buku.

Ø Peserta didik menentukan gerakan dasar senam lantai yang sesuai  
   dan  tidak dengan informasi dari buku atau sumber internet.

Ø Peserta didik  mengidentifikasi gerakan dasar senam lantai seperti 
    guling depan, guling belakang

Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah yang terjadi melalui 
    contohyang didemonstrasikan oleh guru mengenai gerakan dasar 
    senam lantai

Ø Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan gerakangulingdepan, dan gulingbelakang dalam senamlantai.

Ø Peserta didik mendemostrasikan gerakan guling depan, dan guling 
    belakang dalam senam lantai.

Ø Peserta didik menggali informasi tentang gerakan guling depan, dan            guling belakang dalam senam lantai.
Ø Peserta didik mendiskusikan untuk menentukan gerakan guling depan, 
   dan guling belakang dalam senam lantai.
Ø Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya 
    berkaitan  dengan gerakan guling depan, dan guling belakang dalam        senam lantai.


3)  Pengumpulan data
Ø  Peserta didik mendemostrasikan gerakan guling depan, dan guling 
    belakang dalam senam lantai.

Ø  Peserta didik menggali informasi tentang gerakan guling depan, dan 
    guling belakang dalam senam lantai.

Ø  Peserta didik mendiskusikan untuk menentukan gerakan guling depan, 
    dan guling belakang dalam senam lantai.

Ø  Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya
    berkaitan  dengan gerakan guling depan, dan guling belakang dalam 
    senam lantai sesuai dan tidak sesuai.

Ø  Peserta didik mencoba melakukan gerakan guling depan, dan guling  
    belakang dalam senam lantai secara berpasangan sesuai dengan                aturan    
    seperti contoh
    Guru sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis


c.   Penutup (10 menit)
            Kegiatanpenutupterdiriatas:
a.   Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

b.   Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran 
     remedi , program pengayaan, layanan konseling dan /atau  
     memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai           dengan hasil belajar peserta didik; dan
(c) menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.

2.   PertemuanKedua:*)
a.   Pendahuluan/KegiatanAwal(10 menit)
            Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2)  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3)  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)  Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   KegiatanInti (70menit)
1)  Pembuktian.
Ø Peserta didik  menilai gerakan guling depan, dan guling belakang  
   dalam senam Lantai yang dipraktekkan oleh peserta didik lain.

Ø Peserta didik  mencoba beberapa gerakan guling depan, dan guling  
    belakang dalam senam lantai secara variasi dan kombinasi

2)  Menarik kesimpulan/generalisasi
Ø Peserta didik untuk menyajikan cara-cara melakukan gerakan guling  
   depan,dan guling belakang dalam senam lantai, Peserta didik lain  
   memberikan tanggapan terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh 
    peserta didik lain

Ø Peserta didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.

Ø Peserta didik memperbaiki hasil demonstrasi dalam melakukan 
   gerakan guling depan, dan guling belakang dalam senam lantai.

c.   Penutup (10 menit),
            Kegiatanpenutupterdiriatas:
1)  Kegiatan guru bersamapesertadidikyaitu:
(a) membuatrangkuman/simpulanpelajaran;
(b) melakukanrefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakan; dan
(c) memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran; dan

2)  Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukanpenilaian;
(b)merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi, 
    program pengayaan,layanan konseling dan /atau memberikan tugas        baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar 
    peserta didik; dan
(c) menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.



H.  Media, Alat/Bahan, danSumberBelajar
1.   Media: Proyektor, Laptop (Video Visual senamlantai)
2.   Alat  dan bahan : Matras
3.   SumberBelajar : -Buku PJOK kurikulum 2013
-   Sortforeducation.blogsot.co.id

I.    PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.   TeknikPenilaian
a.   Tes Tertulis
b.   Tes Unjuk Kerja
(Terlampir)
2.   Instrumen Penilaian
a.   Pertemuan I (Teori)
b.   Pertemuan II (Praktek)
(Terlampir)



3.   Pembelajaran Remedial danPengayaan
a.   Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM
b.   Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM, tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai


KEPSEK
           GURU MAPEL







*)            KI dan KD SikapSpritualdanSikapSosialditambahkanuntukmatapelajaranPendididkan Agama danPPKn.
**) Semuasintaksis/langkah model pembelajarandapatlengkappadasetiappertemuan, ataudapat lengkappadabeberapapertemuan.
"Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan dihargai sampai keduanya hilang." - Denis Waitley

Buku PJOK Kurikulum Merdeka

Referensi Bulanan

Trending Post