RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1 Gandapura
Mata Pelajaran : PJOK
Komp. Keahlian :Semua Prodi
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran : 2017/2018
AlokasiWaktu :
4X45
A. Kompetensi Inti
3.
Memahami,menerapkan,menganalisis,danmengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasionaldasar,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajianPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakantugasspesifikdenganmenggunakanalat, informasi,
danprosedurkerja yang lazimdilakukan serta memecahkanmasalahsesuaidenganbidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkankinerjadibawahbimbingandenganmutudankuantitas
yang terukursesuaidenganstandarkompetensikerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, danmenyajisecaraefektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif,dansolutifdalamranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolah, sertamampumelaksanakantugasspesifik di
bawahpengawasanlangsung.
B. KompetensiDasar
3.6 Menerapkan
keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk
menghasilkan koordinasi yang baik
4.6 Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
C. IndikatorPencapaianKompetensi
Pengetahuan
1. Menjelaskan gerakan dasar senamlantai
2. Mengklasifikasi gerakan dasar senam
lantai.
Ketrampilan
1. Mempraktikkan gerakan dasar senam lantai
- Mempraktikkan gerakan dasar
senam lantaigulingdepan
- Mempraktikkan
gerakan dasar senam lantai gulingbelakang
D. TujuanPembelajaran
Pengetahuan
1.
Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
peserta didik akan dapat:
a. Menjelaskan gerakan dasar senam lantai guling
depan dan guling belakang dengan baik dan benar serta kreatif
b. Mengklasifikasikan gerakan dasar senam lantai
guling depan dan guling belakang dengan bertanggung jawab
Ketrampilan
2. Setelahmengamati salah satu siswa mendemontrasikan gerakan
dasar senam lantai guling depan dan guling belakangpesertadidikakandapat:
a. Mempraktikkan dasar senam lantai gulingdepandengan baik dan benar serta kerja keras
b.
Mempraktikkan
dasar senam lantai guling belakang dengan baik dan benar serta bertanggung jawab
E. MateriPembelajaran
Senam lantai
F. Pendekatan, Model
danMetode
a.
Pendekatan : Saintifik Learning
b.
Model : Discovery Learning
c.
Metode : Diskusi, Tanya Jawab,
PenugasandanPraktek, demonstrasi
G. KegiatanPembelajaran
1.
PertemuanKesatu:*)
a.
Pendahuluan/KegiatanAwal (10
menit)
Dalamkegiatanpendahuluan,
guru:
1) Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2)
Mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang kan dipelajari dan dikembangkan;
3)
Menyampaikankompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan; dan
5) Menyampaikanlingkupdanteknikpenilaian yang akandigunakan.
b.
KegiatanInti (70
menit)
1)
Pemberian stimulus
terhadappesertadidik
Ø Peserta didik melihat berbagai gerakan
teknik dasar permainan tenis meja dalam tayangan.
Ø Peserta didik membaca buku untuk meng
identifikasi berbagai jenis teknik dasar dalam permainan tenis meja
Ø Peserta didik melihat bahan tayang yang
disajikan oleh Guru.
Ø Peserta didik membaca buku berkaitan dengan
berbagai jenis gerakan dasar senamlantai Peserta didik melihat berbagai jenis jenis
teknik dasar permainan sepak bola pada tayangan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai
jenis gerakan dasar senam
lantai
Ø Peserta didik mengidentifikasijenis-jenis gerakan
dasar senam lantai
melaluihasil
diskusi dan informasi dari buku.
Ø Peserta didik menentukan gerakan dasar
senam lantai meja yang
sesuai dan tidak
sesuai dengan informasi dari buku atau sumber
internet.
2)
Identifikasimasalah
Ø Peserta didik berdiskusi tentang berbagai
jenis gerakan dasar senam
lantai
Ø Peserta didik mengidentifikasijenis-jenis gerakan
dasar senam lantai
melalui
hasil diskusi dan informasi dari buku.
Ø Peserta didik menentukan gerakan dasar
senam lantai yang sesuai
dan tidak dengan
informasi dari buku atau sumber internet.
Ø Peserta didik mengidentifikasi gerakan dasar senam lantai
seperti
guling depan, guling belakang
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah –
masalah yang terjadi melalui
contohyang
didemonstrasikan oleh guru mengenai gerakan dasar
senam lantai
Ø
Berdasarkan
hasil membaca buku dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang
harus diperhatikan gerakangulingdepan, dan gulingbelakang dalam senamlantai.
Ø Peserta didik mendemostrasikan gerakan
guling depan, dan guling
belakang dalam
senam lantai.
Ø Peserta didik menggali informasi tentang gerakan
guling depan, dan guling belakang
dalam senam lantai.
Ø Peserta didik mendiskusikan untuk
menentukan gerakan guling depan,
dan guling
belakang dalam senam lantai.
Ø
Peserta
didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya
berkaitan
dengan gerakan guling depan, dan guling belakang dalam senam lantai.
3) Pengumpulan data
Ø Peserta didik mendemostrasikan gerakan
guling depan, dan guling
belakang dalam
senam lantai.
Ø Peserta didik menggali informasi tentang gerakan
guling depan, dan
guling belakang
dalam senam lantai.
Ø Peserta didik mendiskusikan untuk
menentukan gerakan guling depan,
dan guling
belakang dalam senam lantai.
Ø Peserta didik menyampaikan pada kelompok
lain dan menanggapinya
berkaitan dengan gerakan guling depan, dan guling
belakang dalam
senam lantai
sesuai dan tidak sesuai.
Ø Peserta didik mencoba melakukan gerakan
guling depan, dan guling
belakang dalam
senam lantai secara berpasangan sesuai dengan aturan
seperti contoh
Guru
sebagai pembuktian rumusan
masalah/hipotesis
c.
Penutup (10
menit)
Kegiatanpenutupterdiriatas:
a.
Kegiatan guru
bersama peserta didik yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
b.
Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b)
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi , program
pengayaan, layanan konseling dan /atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
2.
PertemuanKedua:*)
a.
Pendahuluan/KegiatanAwal(10
menit)
Dalam kegiatan pendahuluan,
guru:
1)
Mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan;
2)
Mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang
akan dipelajari dan dikembangkan;
3)
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
5)
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
b.
KegiatanInti (70menit)
1) Pembuktian.
Ø Peserta didik menilai gerakan guling depan, dan guling
belakang
dalam senam Lantai yang
dipraktekkan oleh peserta didik lain.
Ø Peserta didik mencoba beberapa gerakan guling depan, dan
guling
belakang dalam
senam lantai secara variasi dan kombinasi
2) Menarik kesimpulan/generalisasi
Ø Peserta didik untuk menyajikan cara-cara melakukan gerakan
guling
depan,dan guling
belakang dalam senam lantai, Peserta didik lain
memberikan tanggapan
terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh
peserta didik lain
Ø Peserta didik menerima tanggapan dari peserta didik
lain dan guru.
Ø Peserta didik memperbaiki hasil demonstrasi dalam
melakukan
gerakan guling depan, dan guling belakang dalam senam lantai.
c.
Penutup (10
menit),
Kegiatanpenutupterdiriatas:
1)
Kegiatan guru
bersamapesertadidikyaitu:
(a)
membuatrangkuman/simpulanpelajaran;
(b)
melakukanrefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakan; dan
(c) memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran; dan
2)
Kegiatan guru yaitu:
(b)merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi,
program
pengayaan,layanan konseling dan /atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik; dan
(c) menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
H. Media, Alat/Bahan,
danSumberBelajar
1. Media:
Proyektor, Laptop (Video Visual senamlantai)
2. Alat dan bahan : Matras
3. SumberBelajar : -Buku
PJOK kurikulum 2013
- Sortforeducation.blogsot.co.id
I.
PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.
TeknikPenilaian
a.
Tes Tertulis
b.
Tes Unjuk Kerja
(Terlampir)
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan I (Teori)
b.
Pertemuan II (Praktek)
(Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial danPengayaan
a.
Remidial dilaksanakan apabila pencapaian
hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM
b.
Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian
hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM, tetapi peserta didik belum
puas dengan hasil belajar yang dicapai
|